Melangsing

Jadi gini, ceritanya beberapa waktu yg lalu, aku memutuskan ikut kelas Go Langsing. Go Langsing ini adalah program untuk Melangsing Sehat Tanpa Diet.

Motivasiku mengikuti kelas tersebut (ih kayak wawancara tv aja) adalah karena udah ga nyaman sama badan yg rasanya makin melebar.

Berat awalku sekitar 48-50 kg. Beberapa bulan kemarin sempat naik sampai 63-65 kg. Naiknya mungkin ga terlalu banyak ya, tapi akunya udah ga nyamaan…. yaah, kurus gemuk kan persepsi tiap orang beda, menurutku, saat itu badanku udah ga enak aja rasanya. Celana mulai sempit, perut mulai keliatan membundar, pinggul melebar, wah ga nyaman deh. Belum lagi masalah kesehatan, rasanya kok jadi dikit-dikit capek, gampang ngos-ngosan.

Kebanyakan dari temen-temen pas tau ikutan kelas Go Langsing komennya adalah, “masih kurus gitu mau diapain lagi sih?’. Lalu aku ya paling cuma nyengir aja.. ya situ kan ga tau masalah ekke…

Pokoknya aku merasa badan udah ga ok, mulai ga pede, jadi kubulatkan tekad: Harus bisa kayak dulu lagi, berat 48-50kg. Biar enak diliat, biar lebih sehat, biar makin pede, biar muat lagi ke baju-baju lama.

Awal-awalnya, aku nyoba ikutan diet ini itu dong. Mulai dari Mayo, GM Diet, Military Diet, apalah apalah dan lain sebagainya. Berhasil turun, iya. Tapi 2 minggu kemudian naik lagi. Begitu aja terus sampe akhirnya bosen. Dan mulai kepikiran, kayaknya ada yang salah dengan diet-diet ini. Kenapa suksesnya ga permanen ya? Nah, terus aku liat ada temenku ikutan Go Langsing, dia berhasil nurunin berat badan 11kg dlm waktu 4 bulanan, woww.. amazing… dan dia juga keliatannya happy terus tuh.

Hmm, sebenarnya aku udah kenal sama Mba Nunny foundernya Go Langsing dari tahun 2010, tapi ya baru sekarang ada kebutuhan untuk melangsing, jadi tanpa ragu lagi, kutemuilah mba Nunny. Singkat cerita aku ikutan kelasnya. Disana ga cuma diajari mengubah mindset terhadap makanan, tapi juga diajarkan bagaimana mengenali emosi dan pengaruhnya kepada makanan, lalu juga kita harus tau bagaimana caranya agar bisa mindful eating. Nah ini penting banget. Mindful eating, artinya makan secara sadar. Nah lho, emang selama ini suka ga sadar kalo lagi makan ya? Eh, dipikir-pikir iya juga sih.

Kadang kita makan sambil ngobrol, sambil nonton tv (ini paling bahaya, bisa-bisa keripik udah abis setoples baru nyadar), makan terlalu cepat, dan sebagainya. Jadi mindful eating ini, bagaimana kita bisa merasakan makanan yang masuk kedalam mulut kita, rasanya, sensasinya, otomatis, kita jadi makan lebih perlahan. Fokus kita tertuju pada makanan yang sedang kita makan, dan itu artinya kita bisa makan lebih perlahan. Sehingga kita akhirnya bisa menerima sinyal tubuh disaat perut kita memberikan tanda sudah cukup. Karena perut mengirimkan sinyal bahwa tubuh sudah kenyang biasanya membutuhkan waktu 15-20 menit. Kebayang ya, kalau kita makannya cepat-cepat, atau ga sadar, kita ga akan ”ngeh” saat tubuh sudah kasih sinyal kenyang. Padahal kondisi seperti itu termasuk sudah telat, perut sudah keburu penuh. Nah lho… bahaya.

Begitu pula kalau kita baru makan saat sudah level kelaparan. Akan susah buat mindful eating, akhirnya makan jadi kalap istilahnya ya. Kita ga bisa terkontrol makannya, maunya semua dimakan. Yang benar sebaiknya, kalau kita mulai menerima sinyal mulai terasa lapar, saat itulah kita harusnya makan. Bukan saat level yang sudah kelaparan.

Ingat kan ada hadits yang menyarankan untuk makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, itu terasa banget manfaatnya setelah ikutan kelas Go Langsing.

Lalu, selain tau tentang mindful eating, proses melangsing juga berkaitan dengan emosi dan yang juga penting nih, kita wajib untuk bergerak lebih banyak alias move more! Yah disana dijelaskan dengan detail kenapa kita wajib move more, kalau saya jelasin sekarang nanti kepanjangan ini nulisnyaa.. J

Singkat cerita lagi nih, udahan ikut kelas Go Langsing, ternyata hasilnya mulai keliatan bahkan di minggu ke 2. Teman2 seangkatan bisa turun 3,5kg! Kalo aku lumayanan lah bisa turun 2,5kg dan yang paling nyata, lingkar badan mengecil! Wuuhuuu… ternyata ikutan kelas Go Langsing bukan diajarkan diet, tapi ini mengubah pola hidup. Mengubah kebiasaan buruk terhadap makan dan makanan, menjadi lebih baik dan benar.

Sudah 2 bulan ini keliatan banget bedanya, walau sampai saat ini belum ada niat menimbang berat badan (jadi aku ga berpatokan sama berat ya, tapi berpatokan dengan lingkar badan, dan perasaan nyaman akan tubuh sendiri), target bisa kembali pakai skinny jeans ukuran 27, bisa tercapai lebih cepat dari targetku yg sebelumnya mengira akan tercapai dlm waktu 4 bulan.

Alhamdulillah.. dan manfaat yang lebih terasa sih, badan udah lebih enakan, lebih segar, ga ngos-ngosan lagi. Saat ini biar sudah mencapai target tapi kebiasaan baru tetap aku jalani. Karena ujung-ujungnya, yang namanya sehat itu penting!! Oya, suamipun terkena dampaknya, walau dia ga ikutan kelas GoLangsing, tapi kebiasaan baruku ini, aku tularkan ke dia, sejak bulan puasa kemarin, dia bisa menurunkan berat badan sebanyak 7kg dalam waktu 3 minggu! Sampai sekarang stabil beratnya di angka segitu.

So, silakan kalo mau ikutan melangsing dengat sehat tanpa terjebak pola diet yang ga ngefek dan cuma bikin cape? Follow instagram  dan twitter  Go Langsing atau ke webnya untuk tau detail programnya yaa..

(ini foto hasil melangsing kira-kira 2 bulanan)

GoLangsing Agnes

 

Advertisements

One thought on “Melangsing

  1. Pingback: agnes langsing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s