Antara Awkarin dan Papaku

Kok judulnya gitu? ada apa papaku sama @AwKarin? ya ngga ada apa-apa sih, mereka saling kenal juga ngga.

Tapi satu hal yang pasti, mereka berdua bikin aku belajar sesuatu. Lebih dari sesuatu malah…

Aku cerita bagian yang lebih banyak dikenal dulu ya, yaitu Awkarin. Siapa sih dia? Langsung cek ke akun socmednya deh ya,  dia adalah salah satu content creator belia saat ini.

Awkarin belakangan jadi ramai disebut2 namanya karena video putus dgn sang pacar yg diposting ke youtube. Mulai dari cercaan, sampai pujian (eh kebalik ya? harusnya yg bagus dulu disebut baru yang jelek). Ok, mulai dari pujian hingga cercaan bertaburan di semua channel socmed. Twitter, FB, IG, Youtube, Path dll dsb.

Aku sebagai mamak2 yang kurang perhatian ke para IG-ers dan Youtubers yang bermunculan belakangan ini kurang ngeh siapa dese. Yaudah karena ramai banget, sampai mulai membully di twitter, langsung deh aku cari info tentang beliau.

Wow ternyata, subscriber youtubenya sudah mencapak >100K. IG nya sudah mencapai >600K, Ask.FMnya aktif, dia jawab semua pertanyaan yang masuk.  Ckckck…

Yah walaupun kontennya agak bikin aku as mamak2 yg punya anak mulai gede, sedikit worry dengan beberapa kata2nya yang agak “kelepasan”, tapi harus diakui Awkarin ini jago banget mengemas Vlog dan IGnya dengan menarik.

Hey man, dia masih umur segitu, bisa ngedit video yang ok, ya udah pasti aku kalah banget dari dia. Aku angkat jempol deh. Dan kalian yang mencelanya, kalian udah bisa kayak dia belooom? Dia udah mulai jauh sebelum kalian pengen bikin Vlog. (lho kok sewot mba? eh maaf..)

Nah lain lagi cerita tentang Papaku, Papa adalah pensiunan yang most of his time cuma di rumah aja, dan main bareng cucu-cucunya. Tapi, menjelang lebaran kemarin, tanpa disangka-sangka, Papa dapat “THR” dari Google. Jumlahnya pun asli bikin ngileerr… Wah yang bener paaah? Aku agak ga yakin deh, tapi liat email yang dikirim dari Google dan setelah duitnya berhasil kita cairin dengan gampang, kok ya bikin bengong banget.

Jadi, hasil kerjaan Papa di rumah selama beberapa tahun ini, rupanya mulai menghasilkan. Papa punya website dan youtube pribadi yang contentnya bahas tentang budaya Jawa, khususnya aksara Jawa. Daaan, aku ga pernah tau, kalau ternyata subscriber youtubenya Papa sudah nyampe 8ribu sekianlah. Jumlah video yang sudah papah upload udah lebih dari 600 video lho!! Lalu nih, jumlah visitor webnya juga lebih dari 2ribuan sehari. Weleeh…. Anak macam apa aku ga ngeh gitu.

Dan aku kalah banget sama papa. Selama ini aku kasih training dan jadi konsultan tentang Personal Branding di medsos, tapi Papa, ga perlu aku training, udah menjadi bukti nyata bahwa apa yang ditekuni bertahun-tahun bisa menghasilkan.

Btw, Papaku usianya 70 tahun, semua yang beliau kerjakan asli otodidak. Kalau kamu liat Awkarin yang content vlognya keren banget, nah papaku ga ngeVlog, tapi dia bikin konten aksara jawa yang digabungkan dengan musik jawa tradisional yang beliau “pindahin sendiri” dari analog ke digital. Papa kerjakan semuanya tanpa kepikiran sama sekali nyari duit dari situ. Papa cuma hobby, papa cuma seneng menjalankan itu setiap hari. Beliau cuma mau banyak orang melestarikan budaya Jawa dan tau tentang aksara Jawa. Kontennya sangaaaattt sederhana. Ga perlu grafis yang canggih, tapi isinya jelas dan menarik. Terbukti banyak yang suka dan subscribe.

Tahun 2009, kalo ga salah, Papa juga yang membawa aksara Jawa ke Unesco hingga akhirnya diakui sebagai bagian dari aksara di dunia. Dan berbarengan dengan Hari Batik Nasional, tgl 2 Oktober ditetapkan juga sebagai hari Aksara Jawa, atas usaha Papah tadi.

Aku sebagai anak yang berasanya lebih update sama teknologi, langsung menciut malu. Aku belum bisa kayak Papa. Tapi aku pasti support Papa dengan update2 terbaru di dunia digital ini, dan lucunya ya dia selalu terkagum2 dengan percepatan teknologi saat ini yang bisa ini itu cuma dari HP misalnya.

Yah kesimpulannya, dalam berkarya, apapun itu , asal kita fokus dan komitmen penuh disitu, pasti akan bisa terlihat hasilnya, cepat atau lambat. Papa sekarang, bisa dapat penghasilan lagi melalui Youtube dan websitenya. Semangat lagi buat bikin inovasi konten. Biar banyak yang makin suka dengan budaya Jawa.

Jadi Gaes, ga ada deh alasan lagi buat yang belum memulai personal brandingnya di online untuk bilang ga bisa atau ga ngerti. 2 orang yang aku ceritakan di atas, membuktikan, asal mau, pasti bisa.

Sekarang, aku mau dengerin lagu2 Jawa yg di youtubenya Papa dulu ya,cek di KiDemang Sokowaten . (promosi kan gapapa, yeee). Kalo websitenya disini ki-demang.com . Kamu bisa cari tanggal dan hari baik buat nikah, tau watak seseorang berdasarkan hari lahir, dll dsb, hehehe..

Matur nuwun sanget, monggo mampirin yaaa…

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Antara Awkarin dan Papaku

    1. Makasii kak… Alhamdulillah Papa emang “ga bisa diem” orangnyaa.. iseng2nya dia bisa banyak yg menikmati aja udah seneng banget.. 🙏 matur nuwun ya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s