Personal Branding di social media untuk mencapai tujuan karir

Pernahkah mendengar beberapa teman atau kenalan yang mendapatkan pekerjaan hanya melalui social media? Bukan karena ia terkenal, namun karena network yang ia dapatkan melalui social media. Dan tahukah bahwa hal tersebut adalah juga merupakan impact dari online presence mereka, sehingga keberadaan mereka diakui dan menjadi rekomendasi bagi yang ingin merekrutnya.

Mungkin kamu juga seringkali melihat beberapa teman mendapatkan tawaran pekerjaan baru atau peningkatan karir hanya karena mereka dikenal di social media? Adapula yang mendapatkan income tambahan melalui akun mereka di social media. Penasaran bagaimana agar kamu juga dapat memilki peluang yang sama seperti mereka?

Seperti halnya sebuah perusahaa, mereka membangun brandnya agar bisa dikenal dan mendapatkan bisnis yang diharapkan. Nah membangun personal branding di social media adalah membuka kesempatan agar mendapatkan bisnis atau pekerjaan.

Brand besar, dalam membangun kredibilitasnya, mereka melakukan promosi dengan memberikan janji. Janji dari sebuah value yang mereka miliki agar menarik bagi calon pelanggannya. Begitu pula dengan personal brand. Personal brand yang kamu miliki memiliki value yang kamu janjikan kepada mereka yang membutuhkan keahlian atau profesi yang kamu jalani saat ini.

Personal Branding adalah membangun namamu agar dikenal oleh orang lain, memperlihatkan kelebihan dan keunikan yang membedakanmu dari yang lain, dan menjelaskan nilai tambah yang dapat kamu berikan.

Dengan melakukan personal branding di social media, kamu akan dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk lebih dikenal, untuk mendapatkan networking yang lebih luas, sehingga hal ini akan berpengaruh kepada karir.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, mulailah untuk membangun personal brand di social media. Bukan dengan terus terusan mengupdate status bahwa kamu sedang membutuhkan pekerjaan, namun dengan cara memperlihatkan kemampuan dan skill yang kamu miliki.

Seperti halnya brand besar, yang selalu berkompetisi dalam mendapatkan perhatian dari calon konsumen dengan cara melakukan promosi. Begitu pula kamu yang berkompetisi dengan mereka yang juga ingin mendapatkan karir yang lebih baik. Untuk itulah kamu harus dapat memanfaatkan kesempatan agar dapat dikenal lebih banyak orang. Dan agar setiap orang yang membutuhkan keahlianmu, dapat mengingatmu lebih dulu dibandingkan yang lain. Personal branding adalah bagaimana kamu mempromosikan diri sendiri (tanpa harus hard selling), dan jika dilakukan dengan konsisten, hal ini memberikan banyak sekali manfaat seperti misalnya mencari pekerjaan, mendapatkan klien, menjadi yang lebih handal dibandingkan rekan sekerja kamu yang lain, meminta bayaran yang lebih tinggi dan sebagainya.

Bagi kamu yang sudah bekerja, membangun personal brand bagi karyawan adalah bagaimana secara konsisten kamu melakukan pekerjaan sehari-hari dengan baik. Dari sana, apapun yang kamu lakukan di dalam forum diskusi online atau di social media, atau hal yang kamu tulis di artikel blog, akan menjadikanmu terlihat sebagai orang yang handal dalam bidangnya.

Apapun jabatanmu saat ini, entah itu sudah dalam level top manager atau masih dalam entry level, kamu membutuhkan personal branding untuk tujuan jangka panjang karirmu.

Berikut adalah langkah dalam membangun personal brand di social media untuk meningkatkan karir.

  1. Cari tahu apa yang menjadi kekuatanmu dan ingin dikenal sebagai apa.

Sebagai seorang karyawan, kamu tentunya mengetahui dengan pasti apa yang kamu lakukan setiap harinya. Namun ada hal-hal yang membuatmu unik dan menjadikanmu lebih unggul dari yang lain. Itulah hal yang menjadi kekuatanmu. Fokus kepada hal tersebut dan jadikan itu sebagai ciri khasmu, sehingga orang akan mengenal bahwa kamu ahli dalam bidang pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Hal ini yang nantinya akan menentukan topik apa yang dapat disharing sebagai bahan tulisan di social media.

  1. Bangun profil di social media

Profil kamu di social media harus menunjukkan profesi yang kamu jalani saat ini. Pilih social media channel yang tepat. Jika kamu adalah seorang karyawan, saran saya adalah berfokus di LinkedIn dan Twitter. Kamu dapat memanfaatkan LinkedIn untuk menambah networking dalam pekerjaan. Perbarui profil LinkedIn dengan rutin, ingat seseorang di luar sana akan ada yang tertarik dengan profesi dan keahlianmu, pastikan kamu dapat menampilkan resume yang meyakinkan mereka. Rekomendasi di LinkedIn bisa kamu dapatkan dengan terlebih dahulu secara aktif memberikan rekomendasi bagi teman-teman yang ada dalam network LinkedInmu. Manfaatkan rekomendasi orang lain untuk menaikkan profil LinkedIn.

  1. Buatlah content yang menarik

Secara rutin, tulislah sebuah artikel di blog, kemudian share ke LinkedIn dan social media lainnya. Tulisan berupa tips atau sharing pengalaman dan opini seputar karir yang dijalani saat ini akan bisa menjadi pilihan dalam mengisi content di LinkedIn. Banyak hal menarik yang bisa dijadikan sebagai content di social media

Kamu juga dapat melakukan diskusi terbuka, membentuk grup sesama profesi dan yang paling baru saat ini adalah kamu dapat melakukan diskusi live streaming dengan Periscope atau miliki VLOG pribadi. Ciptakan topik yang menarik, maka akan banyak yang mau berinteraksi dengan kamu. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan network kamu dimanapun social media channel yang dipilih. Jangan sampai follower atau audience tidak mendapatkan respon darimu.

Terakhir adalah tentang satu hal penting yang perlu diingat yaitu selalu menjaga etika berkomunikasi yang baik di social media. Hati-hati, jejak digital akan terekam selamanya di online. Jadi apapun yang kamu share pastikan tidak akan merusak reputasimu.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s