4 tips menentukan konten untuk personal brandingmu di social media

Saat ini penting sekali untuk bisa memanfaatkan sosial media dengan baik, dan akan membantumu dalam mencapai tujuan karir atau bisnis melalui social media. Dengan konten yang menarik, akan memberikan manfaat bagi follower, sehingga personal brandingmu akan cepat dikenal.

Namun terkadang tidak semudah itu untuk membuat konten yang menarik. Bahkan terkadang kita bingung untuk mengisi konten di sosial media. Apa yang sebaiknya ditulis / dibagikan? Apakah ini cukup menarik untuk dibahas? Apakah konten saya mewakili personal brand yang ingin saya bangun?

Ada beberapa hal yang dapat membantu dalam menentukan konten apa yang harus di sharing di social media dalam membangun personal brand, yaitu :

  1. Selalu update dengan info terbaru.

Setiap peristiwa atau momen yang terjadi kini dapat dengan cepat kita dapatkan informasinya melalui internet. Begitu pula melalui social media, info apapun kamu bisa dapatkan secara cepat. Jadilah yang pertama mengetahui sebuah info dan kemudian membahasnya melalui sudut pandang kamu, sesuai dengan personal branding yang ingin dibentuk.

Banyak sekali tools yang dapat membantu untuk lebih update dengan informasi terbaru, diantaranya Flipboard, Google news play, Pulse, Reddit, dan sebagainya. Pantau juga timeline di social media, perhatikan dan simak apa saja yang sedang hangat dibicarakan disana. Apakah berkaitan dengan keahlianmu? Apakah kamu dapat memberikan solusi yang berhubungan dengan problem yang ada saat itu?

Jika kamu selalu sharing content dengan informasi terbaru, hal ini dapat membangun kredibilitasmu. Dan juga kamu akan dikenal sebagai sosok yang selalu up to date dan bisa diandalkan, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan follower terhadapmu sebagai seorang yang ahli dalam bidangnya.

2. Sharing tentang pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki.

Kamu harus memahami bahwa ilmu yang kamu miliki saat ini dapat menjadi solusi bagi orang lain yang membutuhkan, dan masih banyak yang tidak memilki pengetahuan yang kamu miliki tersebut. Sharing tulisan mengenai problem yang dapat kamu berikan solusinya, yang berkaitan dengan bidangmu tentunya. Gunakan twitter, facebook dan LinkedIn untuk membagi artikel dan tips-tips singkat yang dapat memberikan pengetahuan baru yang dibutuhkan orang lain.  Jika kamu melakukannya dengan rutin, maka kamu akan menciptakan engagement dengan follower. Akan ada banyak pertanyaan, komentar dan mungkin kritikan yang berhubungan dengan tulisan tersebut. Lama kelamaan kamu akan menjadi seorang influencer bagi follower kamu. Mereka akan selalu teringat kepada artikelmu dan membutuhkan advise untuk berbagai hal yang berhubungan dengan bidang yang menjadi keahlianmu.

Dan tentunya, berbicara mengenai hal yang sudah kamu kuasai, akan sangat menyenangkan, karena kamu akan dapat dengan mudah menjawab bila ada pertanyaan dan juga dapat belajar banyak dari interaksi yang terjadi dengan follower tersebut.

3. Bangun inspirasi

Pernahkah teringat akan kisah perjuangan hidup dari tokoh yang kamu kagumi? Tentunya ada bagian-bagian dari cerita yang kamu ingat, yang dapat menginspirasimu dalam menjalani kehidupan ini. Nah, follower kamu juga bisa tertarik dengan kisahmu, mungkin tidak perlu bercerita detil tentang hidupmu atau terus-terusan menceritakan tentang dirimu. Yang dapat kamu lakukan, adalah sharing tentang hal menarik dari keseharian, ceritakan yang menjadi passionmu, atau hal-hal yang memberikan inspirasi dalam pekerjaan. Ceritakan apa yang menjadi tantangan berikutnya, mimpi yang ingin kamu wujudkan dan sebagainya dalam bentuk story telling, bercerita. Buatlah personal brandmu hidup selayaknya seseorang mengenal orang yang nyata, bukan hanya sekedar nama akun di social media.

4. Menyimak

Dalam membangun interaksi di social media, yang lebih penting dilakukan sebenarnya adalah Menyimak. Simak apa yang ramai dibicarakan baik dari orang yang kamu follow, ataupun info terbaru dan pembicaraan follower. Sesekali ajukan pertanyaan kepada follower, hal-hal apa yang ingin mereka ketahui, bangun interaksi dengan mereka. Dengan melakukan hal ini, follower akan merasa lebih dekat dengan sosokmu.

Namun, ingat hal penting ini, dalam membangun personal branding, kamu bukan jualan diri, bukan membanggakan diri sendiri. Biarkan follower yang  mendapatkan kesan tersebut dari tulisan yang kamu bagikan di social media. Yang perlu kamu lakukan hanya menjadi pribadi yang dapat diandalkan dalam bidang yang kamu kuasai dengan memberikan pengetahuan, tips, solusi dan sebagainya kepada follower.

Demikian beberapa hal yang dapat membantu kamu membuat konten di sosial media.

Kamu dapat mulai menulis di blog atau website pribadi. Sharing mengenai hal-hal yang menjadi keahlianmu dan dapat menjadi solusi bagi orang lain, hal tersebut adalah kunci agar brand kamu dapat dikenal dengan cepat secara online.

Artikel yang kamu buat di blog atau website, kemudian sebarkan kembali melalui social media yang kamu miliki, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya sesuai dengan target audience yang kamu tuju. Sehingga, tulisan kamu kini bisa diakses melalui channel social media yang lebih banyak dan akan semakin banyak pembaca yang dapat kamu jangkau.

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s