Social media mana yang tepat untuk personal branding Anda?

blog-personal_brand

Dalam membangun personal brand melalui social media, sama halnya seperti brand besar yang akan menjual sebuah produknya. Kita akan memikirkan kemana kita akan menjual produk ini? Bagaimana produk ini dapat dikenal oleh calon pelanggannya. Dan bagaimana produk ini akhirnya menjadi yang paling unggul dibandingnkan oleh produk pesaingnya.

Mencari media yang tepat untuk dapat menghubungkan produk tersebut dengan calon konsumen adalah menjadi keputusan dasar yang harus disiapkan dengan matang.

Begitu pula dalam membangun personal brand melalui social media. Kita pribadi, sebagai brand, harus dapat menentukan social media yang tepat sehingga kita dapat dikenal oleh target konsumen yang dituju.

Dari berbagai pilihan social media yang ada saat ini, tentunya masing-masing memilki keunikan tertentu. Mulai dari bentuk interaksinya, hingga kepada karakter penggunanya.

Untuk membantu menentukan social media yang tepat bagi personal brandmu, terlebih dahulu perlu mengetahui bentuk dan karakter dari social media yang popular pada saat ini.

  1. LinkedIn : Lebih banyak digunakan oleh para professional dalam membangun network mereka. LinkedIn juga dapat berfungsi sebagai resume online yang memuat prestasi dan riwayat karir kita selama ini. Konten yang dapat di share ke dalam LinkedIn tentunya lebih formal dan mendukung personal brand yang kamu bangun saat ini.
  2. Facebook : Digunakan banyak orang dan termasuk yang paling popular, namun keberadaannya lebih berfungsi untuk mengupdate kehidupan sehari-hari dengan teman dan keluarga. Artikel yang dapat kamu share disini, bisa apa saja, namun saya sarankan agar tetap focus dengan personal brandmu.
  3. Instagram, Youtube, Vine, dsb : lebih berfungsi sebagai visual expression. Jika personal brandmu berhubungan dengan karya visual, seperti fotografi, fashion, design grafis, video, dan sebagainya, channel ini sangat penting untuk dimiliki.
  4. Twitter : yang paling popular dan akrab dengan kita karena semua update mengenai berita, obrolan hingga campaign politik kini dapat kita temui di twitter. Menurut saya, twitter adalah media yang paling mudah dan sesuai bagi siapapun yang ingin membangun personal brandnya di social media. Interaksi yang diciptakan sangat cepat, aplikasinya pun gampang digunakan dan gampang di akses.

Dengan pemilihan social media yang tepat, personal branding di social media akan lebih cepat dikenal. Hal ini dikarenakan apa yang di share di social media, sampai kepada target audience yang dituju. Jangan sampai pemilihan channel social media yang kurang tepat, menyebabkan kamu tidak menemukan audience yang tertarik dengan keahlianmu. Analoginya seperti orang yang berjualan obat sakit gigi, namun ia berbicara kepada orang yang sedang mencari sepatu. Tentunya tidak nyambung, sehingga ocehan tukang obat tadi tidak akan didengar oleh orang tadi. So, jangan sampai apa yang kamu sampaikan menjadi sia-sia karena tidak dianggap penting atau tidak dibutuhkan oleh audience.

Kini setelah mengenal beberapa social media yang popular saat ini, maka tugas selanjutnya yang harus dikerjakan adalah menentukan channel social media manakah yang tepat bagi personal brand kamu. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tuliskan tujuan personal brand kamu : Kamu ingin dikenal sebagai siapa? Apa keahlian yang kamu miliki? Apa yang menjadi keunikan kamu / yang membedakan kamu dengan yang lain? Misalnya, jika keahlian yang dimiliki adalah tentang fotografi, maka social media yang tepat adalah instagram. Jika lebih senang berinteraksi langsung dengan audience di saat sharing, kamu dapat memilih twitter, dan seterusnya.
  2. Siapakah target audience yang kamu tuju : Keahlian yang kamu miliki berguna untuk siapa? Siapakah yang membutuhkan jasa kamu? Audience kamu berada di social media yang mana?

Untuk membangun personal brand, kamu cukup fokus di 2 sampai 3 social media. Ditambah dengan website pribadi yang dapat diibaratkan sebagai gudang informasi tentang kamu. Website pribadi adalah tempat orang lain yang ingin lebih detail mengetahui tentang kamu atau topic yang menjadi keahlian / passioonmu. Konten yang dapat kamu tulis di website harus dibagikan kembali atau re-share di social media. Tujuannya adalah agar mereka mengetahui lebih lengkap mengenai dirimu.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan social media channel dalam membangun personal brand adalah : Gunakan nama yang sama di setiap channel social media. Hal ini agar pada saat orang mencari informasi tentang kamu melalui google, maka dengan mudah nama kamu akan muncul. Kemudian, pasang foto yang meyakinkan, hal ini akan membuat orang yakin dan percaya akan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki, sehingga mereka akan mau berinteraksi dengan kamu.

 

Advertisements

4 thoughts on “Social media mana yang tepat untuk personal branding Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s