Langkah Pertama Dalam Membangun Personal Brand Di Social Media

Memaksimalkan social media dalam membangun personal brand, dapat memberikan benefit yang mampu membantu anda mencapai kesuksesan dan tujuan dalam karir atau bisnis anda.

Dengan keberadaan kita di social media atau di dunia online, akan lebih memudahkan orang lain yang ingin mencari sesuatu yang kita tawarkan, baik itu produk atau jasa. Bisa dibilang, kesempatan anda untuk memperluas pasar akan bisa tercapai. Networking yang lebih banyak pun bisa anda dapatkan. Ditambah pula kesempatan untuk bisa berbagi pengetahuan kepada mereka yang membutuhkan keahlian anda tersebut. Reputasi anda akan dikenal sebagai orang yang ahli dalam bidangnya. Kredibilitas anda semakin diakui. Semua itu bisa didapatkan dengan membangun personal brand anda melalui social media.

Kemudian pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, “Hal apa yang perlu dipersiapkan untuk mulai membangun personal brand di social media? Bagaimana tipsnya?”

artschool5

Nah, kini saatnya kita bahas langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membangun personal brand di social media. Dari beberapa hal yang harus disiapkan, hal penting pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai personal branding di social media adalah Mengidentifikasi diri sendiri.

Mengidentifikasi diri sendiri dalam hal ini adalah bagaimana anda menentukan apa yang menjadi keahlian, kekuatan, ketrampilan dan keunikan yang anda miliki dan menjadi passion anda saat ini. Lebih bagus lagi jika saat ini anda berprofesi atau berkarir di bidang yang berhubungan dengan keahlian anda tersebut.

Dalam persaingan bisnis sekarang ini, kita harus menjadi yang paling dikenal dan diingat oleh orang lain. Cari hal-hal yang dapat membedakan kita dari yang lain.

Disaat orang mengoogling sesuatu yang berhubungan dengan keahlian yang kita miliki, maka sebaiknya mereka menemukan nama kita di halaman awal. Hal ini yang akan menjadikan kita lebih unggul dari yang lain.

Untuk itulah mengapa penting sekali mengidentifikasi diri kita sendiri sebelum mulai membentuk personal brand anda melalui social media. Pertanyaan pertama dalam mengidentifikasi diri sendiri adalah :

  1. Tentukan anda ingin dikenal sebagai apa.

Mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan penting dalam kaitannya membangun personal brand anda: “Anda ingin dikenal sebagai siapa?” Karena personal brand adalah tentang diri anda dan anggapan orang mengenai anda seutuhnya. Apakah keahlian dan kelebihan yang anda miliki sekarang dapat membuat orang mengenali anda seperti yang anda inginkan, jika demikian, focus kepada hal tersebut. Sebagai contoh, jika anda ingin dikenal sebagai seorang arsitek handal yang mempunyai ciri khas membangun model bangunan arsitektur bergaya tropis, tentunya anda harus terus konsisten dalam hal tersebut. Anda harus memiliki keahlian yang harus dapat menunjang untuk bisa diandalkan oleh orang lain yang membutuhkan jasa anda.

Identifikasi bagaimana keahlian dan kelebihan anda dapat menjadi bermanfaat bagi orang lain. Seseorang akan lebih percaya kepada kita, jika kita dapat memberikan solusi atas persoalan yang mereka miliki, atau karena kita memiliki sesuatu yang menarik bagi kehidupan mereka sehari-hari.

Untuk mempermudah dalam mengidentifikasi diri, kini saya meminta anda untuk menuliskan 3 hal yang menjadi kekuatan, keahlian, keunikan dan passion anda. Hal-hal ini yang akan membuat anda fokus dalam membangun personal brand anda. Melalui social media, hasil pengidentifikasian atas diri sendiri, akan membuat anda mengetahui apa yang harus anda share di social media.

 

  1. Tentukan deskripsi tentang diri anda.

Deskripsi tentang diri anda akan membedakan anda dengan yang lain. Setiap orang memilki ciri khasnya masing-masing. Begitu pula anda. Apakah anda adalah seorang yang bersemangat? Bagaimana tanggapan orang lain jika bekerja bersama anda? Bagaimana anda dapat memberikan manfaat bagi orang lain di sekitar anda? Dengan deskripsi seperti ini anda dapat lebih mengenal kekuatan yang anda miliki. Di social media, kepribadian anda yang akan menjadi ciri khas dalam gaya tulisan anda. Follower anda akan memilih orang-orang yang kompeten dalam bidangnya untuk mau berinteraksi lebih jauh. Pertanyaan yang dapat membantu anda menentukan deskripsi tentang diri anda :

  • Anda ingin dikenal dalam bidang apa atau dalam industry apa?
  • Siapakah yang menjadi target audience anda?
  • Kata-kata apa yang dapat menggambarkan pekerjaan yang saya lakukan?

 

  1. Tentukan manfaat yang dapat anda berikan.

Anda telah memiliki keahlian yang bisa bermanfaat bagi orang lain dan anda yakin bahwa keahlian ini yang membuat orang membutuhkan jasa anda. Tentukan dengan detail, apa yang dapat anda berikan kepada orang lain. Apakah anda ingin membuat orang terinspirasi dengan pengetahuan yang anda punya? Apakah anda ingin orang lain mendapatkan solusi atas problem mereka dengan cara berkonsultasi dengan anda? Untuk mempermudah, coba jawab pertanyaan berikut :

  • Jasa apa yang dapat saya tawarkan kepada orang lain?
  • Apa yang dapat saya lakukan untuk bisa menjadi lebih unggul dari yang lain?

Kini setelah semua hal diatas, telah dapat anda deskripsikan dengan baik, maka anda sudah dapat menentukan personal brand anda. Sebagai contoh hasil penentuan personal brand anda : Konsultan perencana keuangan yang fokus kepada pasangan muda. Atau seorang psikolog anak yang concern dengan tumbuh kembang anak di bawah 5 tahun.

Anda dapat melihat bahwa menentukan personal brand dengan langkah yang lebih detail ini akan menjadikan anda lebih “Stand Out”, lebih terlihat, lebih unggul dan tentunya akan membawa lebih banyak kesempatan bagi anda untuk selalu diandalkan oleh orang lain.

Advertisements

2 thoughts on “Langkah Pertama Dalam Membangun Personal Brand Di Social Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s